Jumat, 29 November 2019


Ulasan Seputar Gejala, Faktor Penyebab dan Juga Obat Kista Ovarium

Ovarium termasuk bagian dari sistem reproduksi pada wanita, dimana fungsinya sendiri adalah untuk memproduksi sel telur, sehingga nantinya bisa dibuahi dan menjadi bayi, setiap wanita memiliki 2 buah ovarium yang ada di bagian kanan dan juga kiri. Hanya saja sering kali bagian dari alat reproduksi ini juga bermasalah, seperti diantaranya kondisi yang paling sering terjadi adalah terbentuknya kantung yang berisi cairan, biasanya ada di bagian permukaan atau di dalam ovarium, ini dikenal juga sebagai kista ovarium. Ada banyak obat kista ovarium ini yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Namun jika seandainya kondisi dari kista tersebut sudah cukup parah, maka harus dilakukan tindakan operasi pengangkatan, sehingga tidak menyebabkan masalah yang lebih serius pada organ reproduksi wanita nantinya. Kisata pada bagian ovarium ini sendiri jenisnya juga tergolong cukup banyak, diantaranya adalah kista patologis yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tidak normal, inilah yang paling membahayakan. Namun juga ada jenis kista fungsional yang memang paling sering terjadi pada wanita.

Agar langkah pengobatan atau penanganan bisa berlangsung secara lebih optimal, agaknya penting bagi Anda untuk mengetahui gejala dari penyakit kista ovarium ini, jangan disepelekan, diantaranya adalah:

  1. Perut sering kali mengalami kembung, padahal tidak mengonsumsi makanan yang aneh-aneh, artinya menu makanan yang dikonsumsi sehat.
  2. Terasa penuh dan juga berat di bagian perut.
  3. Perut mengalami pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri.
  4. Rasa nyeri yang terjadi pada bagian pinggul, khususnya adalah di pinggul kiri.
  5. Punggung bagian bawah dan juga paha terasa nyeri.
  6. Mengalami masalah ketika buang air kecil maupun buang air besar.
  7. Rasa sakit atau nyeri setelah melakukan hubungan seksual.
  8. Berat badan yang terus bertambah, padahal nafsu makan tidak meningkat, begitu juga tetap melakukan aktivitas olahraga sebagaimana mestinya.
  9. Rasa nyeri yang berlebihan setiap kali datang bulan atau menstruasi.
  10. Pendarahan yang terjadi pada bagian vagina secara tidak normal.
  11. Menjadi lebih sering buang air kecil.
  12. Bagian dada terasa teregang.
  13. Demam, dalam kondisi yang sudah cukup parah, biasanya hal ini akan disertai dengan meningkatnya suhu tubuh atau demam.
  14. Pusing, bahkan dalam beberapa kasus juga akan disertai dengan pingsan.
  15. Napas menjadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.

Ada berbagai macam faktor yang dapat menjadi penyebab dari kista ovarium ini, diantaranya adalah:

  1. Usia, wanita dengan usia 30 hingga 45 tahun paling rentan menderita masalah kesehatan ini.
  2. Bermasalah dengan hormonal.
  3. Kehamilan.
  4. Tengah menjalani pengobatan kesuburan.
  5. Menderita hipotiroidisme.
  6. Merokok.
  7. Siklus menstruasi tidak teratur.
  8. Pernah menjalani pengobatan payudara.

Ada beberapa jenis obat kista ovarium yang umumnya digunakan untuk mengatasi penyakit ini, diantaranya adalah pengobatan secara herbal maupun melakukan pengobatan ke dokter jika seandainya kondisinya sudah cukup parah, apalagi jika sifat kista tersebut adalah patologis. Bahkan dalam beberapa kondisi seperti diantaranya adalah pasien pernah menjalani pengobatan dengan menggunakan pil KB, kemudian juga mengalami laparotomi, maka harus dilakukan tindak pembedahan atau operasi, solusi ini dilakukan untuk mencegah resiko yang semakin buruk pada kondisi tersebut. Sebenarnya penyakit ini sendiri dapat dicegah sehingga nantinya tidak akan menjangkiti diri Anda, lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobati bukan.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © strong man - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -